KRITERIA PEMIMPIN IDEAL



Kepemimpinan adalah suatu proses yang dimana seseorang berupaya mempengaruhi sejumlah orang dan mengarahkan organisasinya untuk mencapai suatu tujuan, sehingga hubungan antara manusia didalam organisasi tersebut lebih kohesif dan koheren. Atau suatu proses dimana seseorang berupaya mempengaruhi sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.

Kriteria pemimpin yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin yang ideal untuk masa depan :
  1. Jujur : Menampilkan ketulusan dan integritas dalam semua tindakannya. 
  2. Kompeten : Ini itu merupakan tindakan para pemimpin yang berbasis pada akalfikiran, sikap dan prinsip-prinsip moral atau tidak membuat keputusan berdasarkan keinginan, perasaan, atau faktor emosional lainnya yang bersifat terlalu subyektif.
  3. Berpandangan ke Depan : Memiliki tujuan dan visi untuk masa depan. Pemimpin yang efektif membayangkan memiliki obsesi dan imajinasi apa yang mereka inginkan dan bagaimana mendapatkannya, pemimpin biasanya memilih prioritas yang berasal dari nilai-nilai dasar mereka sendiri. Suatu visi harus dimiliki oleh totalitas organisasi.
  4. Menginspirasi : Mampu menunjukkan orijinalitas dalam segala hal yang dilakukan, Menunjukkan keteladanan dan ketahanan dalam mental, fisik yang dengan bekal kredibilitas seorang pemimpin yang akan mudah menginspirasi orang lain untuk meraih puncak prestasi yang baru.
  5. Cerdas : Gemar membaca, haus belajar, dan senantiasa mencari tugas yang menantang, dan mengeluarkan ide-ide yang bagus dan membangun.
  6. Adil : Mampu menunjukkan perlakuan yang adil bagi semua orang. Menyadari bahwa prasangka adalah musuh keadilan. Bersikap empati dan peka terhadap perasaan, nilai-nilai, kepentingan, dan kesejahteraan orang lain.
  7. Berwawasan luas – Menyukai keragaman, dan memiliki pandangan jauh kedepan.
  8. Berani : Memiliki ketekunan untuk mencapai tujuan, meski menghadapi resiko atau rintangan yang berat. Selalu menampilkan ketenangan dan kepercayaan diri meski dalam kondisi stress.
  9. Lugas : Memiliki penilaian yang baik tentang berbagai persoalan, dan menggunakannya untuk membuat keputusan yang terbaik pada waktu yang tepat.
  10. Imajinatif : Mampu melakukan perubahan pada waktu yang tepat, dengan menggunakan pemikiran, rencana, dan metode yang tepat pula. Dan Juga mampu menampilkan kreativitas dengan menciptakan tujuan baru yang lebih baik, sekaligus menemukan ide inovatif dan solusi atau resolusi baru untuk memecahkan masalah.

Jadi Kesimpulannya 

Pemimpin yang ideal itu harus transparan, jujur, tidak diskriminatif, toleran, paham prinsip HAM, dan paham cara melayani masyarakat. Pemimpin ideal itu tidak akan melanggar hak asasi manusia ketika memimpin atau sebelum dipimpin dan gimana cara memimpinnya!? Nah ada pemimpin yang demokratis dan ada yang otoriter , pemimpin demokratis memperhatikan suara rakyat yang memilihnya dan kepentingan rakyat itu nomer satu sedangkan pemimpin otoriter lebih mementingkan kepentingan sendiri atau kepentingan segelintir orang aja. 
Jadi pada intinya yang terpenting adalah pemimpin itu yang amanah,beriman dan berakal dan takut kepada tuhan.

Komentar