MENGATASI GANGGUAN TERHADAP PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA


                                 Gambar terkait  
              
Partisipasi dalam mengatasi gangguan merupakan upaya untuk menjaga serta melindungi keutuhan lingkungan dan keselamatan warga masyarakat dari segala bentuk ancaman ataupun gangguan. Partisipasi tersebut tidak lain merupakan tujuan pertahanan negara. Pasrtisipasi dalam penyelenggaraan pertahanan negara dapat diwujudkan dalam bentuk tindakan nyata. Dengan demikian, partisipasi warga negara dalam menjaga dan melindungi  keutuhan lingkungan dari segala bentuk gangguan merupakan bagian dari usaha mempertahankan negara.

Ada beberapa contoh partisipasi warga negara dalam upaya mengatasi segala bentuk gangguan guna membangun persatuan dan kesatuan sebagai berikut :
  1. Mengamalkan nilai nilai pancasila dan UUD 1945.
  2. Menghormati segala bentuk perbedaan, seperti Suku, Adat, Ras, dan Agama.
  3. Menjaga komitmen untuk tetap bersatu.
  4. Meneladani para pahlawan dan tokoh tokoh bangsa yang telah berjasa terhadap nusa dan bangsa.
  5. Melestarikan budaya bangsa yang adiluhur seperti budaya saling menghormati.
  6. Membangun solidaritas sosial, kepedulian sosial, dan interaksi sosial yang berkelanjutan.
Dan Ada 5 prinsip penting untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa :
  1. Prinsip Bhineka Tunggal Ika : Dengan beragam kebudayaan, ras, dan agama di Indonesia kita diwajibkan bersatu dalam satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.
  2. Prinsip Nasionalisme Indonesia : Merupakan rasa cinta dan kesetiaan terhadap bangsa Indonesia.
  3. Prinsip Kebebasan yang Bertanggung Jawab : Setiap orang diberi hak untuk memenuhi kemauannya asal tidak menyalahi Hak Asasi Manusia. Jika sampai melanggar dan merugikan orang lain, akan diberikan sanksi berdasarkan perbuatannya.
  4. Prinsip Wawasan Nusantara : Wawasan nusantara dilaksanakan guna memenuhi tujuan nasional. Memiliki fungsi sebagai pedoman, motivasi, dan rambu-rambu dalam menentukan keputusan untuk menyelenggarakan negara.
  5. Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-Cita Reformasi : Sebagai warga negara kita harus bisa mengisi kemerdekaan dengan baik. Caranya dengan melakukan pembangunan dengan dilandasi rasa persatuan.


Komentar