Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi Keuangan



                                  Hasil gambar untuk akuntansi keuangan dan standar akuntansi
Saya akan merangkum tentang materi Akuntansi Keuangan & Standar Akuntansi Keuangan 

A. Pengertian Akuntansi
Suatu proses yang di awali dengan mencatat transaksi, mengelompokkan, mengolah serta menyajikan  data yang berhubungan dengan keuangan sehingga informasi yang di dapat bisa digunakan untuk orang yang berkompeten dengan informasi tersebut, dan juga bisa sebagai bahan pengambilan suatu keputusan.

      B.  Laporan Keuangan
Laporan keuangan merupakan sarana pengomunikasian informasi keuangan utama kepada pihak yang di luar perusahaan. Laporan keuangan yang sering disajikan adalah:
1.      Neraca
2.      Laporan Laba/Rugi
3.      Laporan Perubahan Modal
4.      Laporan Arus Kas
5.      Laporan Lain-lain

      C.   Pihak Yang Berkepentingan Informasi Akuntansi
Stakeholders adalah pihak yang berkepentingan terhadap informasi akuntansi perusahaan.
1.  Pihak Internal yaitu pihak yang memeliki kendali secara langsung terhadap sistem  akuntansi dan dapat menentukan informasi apa aja yang dibutuhkan dan gimana informasi itu dilaporkan. Contoh : manajemen, Pemilik, dan Karyawan
2.  Pihak Eksternal yaitu pihak-pihak yang berada di luar perusahaan. Contoh : Investor, Kreditor, Supplier, Pemerintah.

      D.  Pengertian Akuntansi Keuangan
            Akuntansi keuangan adalah sebuah proses yang berakhir pada pembuatan laporan keuangan yang menyangkut perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan oleh berbagai pihak baik internal maupun eksternal. Tahapan dalam pembelajaran Akuntansi Keuangan :
1.  Pengantar Akuntansi Dasar Mempelajari tentang persamaan dasar-dasar akuntansi, seperti siklus akuntansi, penyusunan Kode Akun, Pencatatan Transaksi, Jurnal Umum, Pembuatan Laporan Keuangan.
2.   Akuntansi Keuangan Menengah Mempelajari tentang Akuntansi Biaya, Penyusunan Laporan Keuangan, Pemahaman tentang Prosedur Akuntansi dan Keuangan, meliputi Kebijakan dan Prosedur : Kas, Persediaan, Piutang, Hutang, Pajak.
3. Akuntansi Keuangan Lanjutan Mempelajari tentang Pembentukan  Persekutuan/Penggabungan Usaha, Integritas Penyajian Laporan Keuangan, Analisa  Laporan Keuangan, Penyusunan Laporan Keuangan Konsilidasi, Perubahan Kepemilikan  Saham, Penjualan Konsinyasi, Likuidasi Penjualan Angsuran, Investasi Saham.

      E.    Standar Akuntansi Keuangan
Secara general, Standar Akuntansi Keuangan dapat bermanfaat oleh beberapa pihak, seperti:
1.        Bagi Pemegang Saham : SAK memungkinkan mereka untuk memantau pertumbuhan dan kondisi keuangan perusahaan sekaligus dapat mengetahui kemampuan perusahaan dalam  membayar dividen.
2.     Bagi Investor : SAK mengetahui seberapa besar resiko serta kondisi keuangan perusahaan.
3.    Bagi Kreditur : SAK menilai kemampuan dari perusahaan dalam membayar pinjaman  atau  pengembalian hutang sesuai dengan waktu.
4.     Bagi Supplier : SAK menilai apakah penjualan mereka dapat dibayar oleh perusahaan   pada saat jatuh tempo.
5.    Bagi Pemerintah : SAK menentukan kebijakan jumlah pajak serta data statistik         pendapatan  nasional.

Beberapa bentuk Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia :
1.      PSAK – IFRS : Telah mengikuti Standar Internasional
2.      SAK – ETAP : Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntansi Publik yang digunakan untuk perusahaan & lembaga yang akuntabilitas publiknya tidak signifikan.
3.  PSAK – SYARIAH : Yang digunakan untuk lembaga-lembaga yang menjalankan usahanya  dengan akad-akad syariah.
4.  SAP : Standar Akuntansi Pemerintah , yang digunakan dalam menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

     F.     Fungsi Akuntansi Keuangan
Fungsi utama akuntansi untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan.  Beberapa Fungsi Akuntansi, diantaranya :
1.      Untuk mengetahui & menghitung Laba/Rugi
2.      Untuk memberikan informasi bagi manajemen perusahaan
3.      Untuk mengawasi dan mengendalikan berbagai aktivitas yang terjadi di perusahaan.   




Komentar